Administrasi
kelompok adalah segala pencatatan yang mencatat segala kegiatan kelompok,
sedangkan pembukuan adalah pencatatan transaksi secara kronologis dan
sistematis. Administrasi kelompok menjadi sangat penting dibuat guna mengetahui
sejauh mana perkembangan anggota kelompok, partisipasinya dalam kelompok,
permasalahan, dan keputusan-keputusan yang pernah diambil, dan sebagainya.
Manfaat Administrasi/Pembukuan Kelompok
Administrasi
diperlukan untuk menyediakan informasi tentang keadaan keuangan kelompok pada
saat-saat tertentu, baik bagi anggota maupun bagi pihak lain.
Pembukuan
diperlukan untuk menjaga keakuratan catatan atas semua transaksi dan
keputusan-keputusan yang dibuat dalam kelompok. Informasi ini dapat digunakan
sebagai: (1) Alat Kontrol; (2) Alat Dokumentasi; (3) Alat/bahan pengambilan
keputusan kelompok; (4) Alat monitoring perkembangan kelompok; (5) Alat
Evaluasi; dan (6) Alat memupuk kepercayaan anggota.
Administrasi
Kelompok
Pada
dasarnya administrasi kelompok terbagi atas 2 (dua) bagian yakni administrasi
organisasi dan administrasi keuangan.
1. Adminstrasi Organisasi
Setidaknya
dalam administrasi organisasi kelompok diperlukan buku-buku sebagai berikut:
Buku Daftar Pengurus dan Anggota |
Buku Notulen Pertemuan |
Buku Tamu dan Bimbingan |
Buku Daftar Hadir Kegiatan |
Administrasi
organisasi ini umumnya dikerjakan oleh sekretaris.
2. Administrasi Keuangan
Setiap kelompok, wajib mengelola administrasi keuangan dengan baik
yaitu sesuai jenis serta diisi
dengan tertib, teratur dan benar. Dengan
administrasi keuangan yang baik,
keuangan kelompok dapat terkendali dan
pada waktu tertentu akan mudah untuk
diketahui, sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan.
Informasi
kondisi keuangan kelompok bermanfaat untuk:
- Alat monitor perkembangan keuangan;
- Alat pengendalian keuangan;
- Alat evaluasi terhadap pencapaian tujuan/sasaran dari setiap kegiatan atau usaha; dan
- Alat manajemen dalam pengambilan keputusan
Model
pembukuan keuangan yang digunakan kelompok
adalah model yang sederhana, mudah
dipahami sehingga diharapkan
akan sangat membantu pengurus/bendahara dalam mempertanggungjawabkan keuangan dan diharapkan pula banyak anggota yang bisa
mengerjakan dan memahaminya.
Beberapa
buku keuangan yang diperlukan adalah:
Buku Kas Kelompok |
Buku Simpan Pinjam Anggota |
Administrasi keuangan ini umumnya dikerjakan oleh
bendahara.
Selain
buku-buku tersebut diatas (baik buku administrasi organisasi maupun buku administrasi keuangan), kebutuhan akan jenis buku akan berkembang sesuai
dengan dinamika atau perkembangan yang terjadi dalam kelompok.
Hal apa yang mendasari adanya pembukuan dan administrasi kelompok ??
BalasHapusMisalnya, UU, KEPMEN, dsb ..
Mohon bantuannya untuk melengkapi literatur ,,
Pembukuan apa saya yang harus ada pada UPR? mohon infonya
BalasHapus