Blognya Penyuluh Perikanan

Selamat Datang di Media Penyuluhan Perikanan, Media Silaturahmi Penyuluh Perikanan

Senin, 13 Januari 2014

PEMBUKUAN DAN ADMINISTRASI KELOMPOK/KELEMBAGAAN PELAKU UTAMA PERIKANAN Bagian 2

ADMINISTRASI KEUANGAN KELOMPOK


Administrasi Keuangan atau Pembukuan Keuangan adalah cataan transaksi keuangan yang dibuat secara kronologis (menurut urutan waktu) dan sistematis (menurut cara-cara tertentu), atau dapat diartikan juga sebagai pencatatan yang berkaitan dengan kekayaan kelompok.

Setiap kelompok wajib mengelola administrasi keuangan dengan baik, yaitu sesuai dengan jenis, serta diisi dengan tertib, teratur dan benar.  Informasi kondisi keuangan kelompok sangat bermanfaat untuk : (a) Alat monitor perkembangan keuangan; (b) Alat pengendalian keuangan; (c) Alat evaluasi pencapaian tujuan/sasaran dari setiap kegiatan/usaha; dan (d) Alat manajemen dalam pengambilan keputusan.

Beberapa Prinsip Administrasi/Pembukuan Keuangan :

  • Harus dilakukan secara Sistematis (menurut cara tertentu);
  • Harus dilakukan secara Kronologis (menurut urutan waktu);
  • Harus dilakukan secara Informatif (mudah difahami/dimengerti);
  • Harus dilakukan secara Auditable (mudah diperiksa); dan
  • Harus dilakukan secara Accountable.

Model administrasi keuangan yang digunakan kelompok haruslah dibuat sesederhana mungkin agar mudah dipahami sehingga akan sangat membantu pengurus dalam mempertanggungjawabkan keuangan. Selain itu diharapkan banyak anggota yang bisa mangerjakan dan memahaminya.

Beberapa jenis buku keuangan yang diperlukan oleh kelompok, diantaranya: (1) Buku Kas Harian; (2) Buku Tabungan Anggota; (3) Buku Pinjaman/Kredit Anggota; (4) Laporan Laba Rugi; dan (5) Neraca.

Buku kas adalah laporan perubahan nilai uang kas yang dimiliki oleh kelompok dalam periode waktu tertentu. Laporan aliran kas memberikan informasi kepada kelompok tentang ketersediaan uang tunai yang dapat digunakan untuk operasional kegiatan kelompok. 


 
Contoh Format Buku Kas Harian Kelompok
Contoh Format Buku Tabungan Anggota
Contoh Format Buku Pinjaman Anggota Kelompok
Laporan rugi laba adalah laporan yang memberikan informasi tentang jalannya operasional kelompok dalam satu periode tertentu yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban kelompok sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

Laporan neraca adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan suatu kelompok pada suatu periode tertentu. Neraca memperlihatkan keseimbangan antara aktiva (kekayaan) kelompok dengan nilai pasiva (berisi utang dan modal yang disetor).

Hal yang harus dicatat adalah diupayakan pengurus kelompok bisa mengerjakan seluruh administrasi keuangan ini dengan baik dan benar.

1 komentar: