Blognya Penyuluh Perikanan

Selamat Datang di Media Penyuluhan Perikanan, Media Silaturahmi Penyuluh Perikanan

Jumat, 19 September 2014

PENETASAN TELUR IKAN GURAME

Keberhasilan penetasan Ikan Gurame sangat dipengaruhi oleh beberapa factor, baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Faktor internal yang dimaksud adalah kualitas telur yang dihasilkan dari proses pemijahan. Telur yang berasal dari induk yang berkualitas dan kondisinya baik (sehat/tidak cacat) disertai dengan proses pembuahan yang sempurna oleh sperma, maka akan memiliki kualitas yang baik. Sedangkan yang dimaksud dengan factor eksternal adalah perlakuan selama proses penetasan, dan kondisi lingkungan penetasan yang meliputi kondisi wadah penetasan hingga kondisi air/kualitas air penetasan telur Ikan gurame. 

Berikut ini akan disampaikan beberapa hal terkait dengan persyaratan wadah penetasan telur Ikan Gurame, kondisi ideal untuk penetasan telur Ikan gurame, dan prosedur penetasan. 

Persyaratan Wadah Penetasan

Wadah yang digunakan untuk penetasan Ikan Gurame dapat berupa Baskom Plastik ataupun akuarium. Hal yang terpenting bagi wadah yang digunakan untuk penetasan telur Ikan Gurame adalah wadah harus benar-benar bersih. Sebelum digunakan, wadah penetasan sebaiknya dicuci dahulu dan disuci-hamakan yang salah satunya dapat dilakukan dengan cara mengeringkan wadah pada terik matahari.

Kondisi Ideal Penetasan

Yang dimaksud dengan kondisi ideal adalah lingkungan yang cocok untuk penetasan telur Ikan Gurame salah satunya adalah suhu. Suhu idela untuk penetasan telur Ikan Gurame adalah berkisar pada suhu 29—30 derajat Celsius. Selain itu kepadatan telur dalam wadah penetasan sebaiknya 4-5 butir/cm persegi. 

Ciri Telur Ikan Gurame Berkualitas: 

Untuk menentukan kualitas telur ikan gurame dapat dilihat dari warna telur tersebut. Telur gurame yang sehat berwarna kuning agak transparan, sedangkan telur yang kurang baik berwarna kuning kusam atau cenderung putih. Hal ini diindikasikan bahwa telur tersebut gagal dibuahi oleh sperma induk Ikan Gurame jantan. Umumnya telur Ikan Gurame akan menetas setelah 1-2 hari, bahkan ada pula yang menetas pada 4-5 hari kemudian. Larva (telur yang baru menetas) belum membutuhkan makan karena masih ada bekal makanan (kuning telur) yang masih melekat pada tubuh larva. Setelah 7-8 hari, larva sudah menjadi ikan gurame dengan ukuran yang sangat kecil (panjang sekitar 1 cm), sehingga sudah membutuhkan makan. Oleh karena itu perlu dipindahkan ke kolam pendederan.

Prosedur Penetasan

Perlakuan diawali dengan proses pengangkatan telur dari sarang yang harus dilakukan secara hati-hati dimana sarang yang telah berisi telur diangkat dan dimasukkan ke dalam ember/baskom untuk kemudian dipindahkan ke wadah penetasan. Ini dilakukan pada pagi hari. Kemudian pisahkan antara telur yang dibuahi dengan telur yang tidak dibuahi. Wadah penetasan harus dihindarkan dari hujan namun boleh terkena sinar matahari pada pagi dan sore hari.

Adapun prosedur penetasan telur gurame lebih lengkapnya adalah sebagai berikut: 
  1. Baskom yang berdiameter 60-70 cm dicuci hingga bersih, upayakan benar-benar bersih dari bahan kimia atau bahan beracun dan berbahaya lainnya dari wadah. Gunakan deterjen saat pencucian pertama kali, lalu dapat diulang menggosok permukaan bagian dalam wadah dengan potongan gedebog pisang. 
  2. Jemur baskom dibawah terik matahari. 
  3. Isi baskom dengan air bersih dengan ketinggian sekitar 10-15 cm. Letakan wadah ditempat yang terlindung dari hujan dan pemangsa telur, tetapi boleh terkena sinar matahari saat pagi dan sore hari. 
  4. Angkat telur ikan gurame dari sarangnya secara hati-hati. Sebaiknya pengambilan teur dilakukan pada saat pagi hari. 
  5. Tempatkan telur gurame pada wadah penetasan (baskom) yang sudah disediakan secara hati-hati. Baskom dengan diameter 60-70 cm dapat menampung telur sebanyak 10.000 butir. 
  6. Lakukan pemisahan antara telur yang baik dengan telur yang tidak baik secara bertahap (dilakukan pada pagi, siang, dan sore hari) Biasanya telur akan menetas antara 2 – 5 hari. 

3 komentar:

  1. pakan gurame organik - kami menyediakan bibit azolla dengan harga murah dan tentu saja terjangkau, harga perkilo hanya 25 ribu.. siap kirim keluar kota dengan ekspedisi seperti jne, tiki, j & T, ekspedisi bus damri dan ALS. biaya ditanggung pembeli

    bayu : 082378483036 WA

    BalasHapus
  2. Mantab infonya gan akan saya coba di tempat saya di perumahan di lamongan

    BalasHapus
  3. Mantab infonya gan akan saya coba di tempat saya di perumahan di lamongan

    BalasHapus